Tulisan
s5_logo.png
Penandatanganan Perjajian Kerjasama Dengan LPPM IPB
FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) STAKEHOLDER FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
Stadium General Prestasi Mahasiswa Dalam Bela Negara
Pembekalan dan Konsultasi Job Karir Bagi Calon Wisudawan
Sharing Bersama FDK UIN Wali Songo Semarang

Mempertegas Peran Santri

Prof. H. Nursyam, M.SiSaya diminta oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren untuk membuka acara yang sangat penting di dalam jajaran dunia pesantren dan pendidikan, yaitu Temu Santri yang tergabubg di dalam Community of Santri Sholars of Ministery of Religous Affairs di Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Trawas Mojokerto. Acara in diikuti oleh sebanyak kira-kira 700 santri. Mereka adalah para santri yang sedang mengikuti kuliah di IAIN Sunan Ampel, UIN Malang, ITS, Universitas Airlangga dan Universitas Mataram.

Tema di dalam acara ini adalah Mempertegas Peran Santri dalam Membangun Bangsa. Tema ini samgat pentng di tengah keinginan untuk mempertags jati diri kaum sanntrindi era pembangunan bangsa ini. Sebagaimana diketahui bahwa selama perjalanan bangsa ini, maka peran kyai di dalam pembangunan bangsa tidak dapat dielakkan. Kyai dengan santrinya menjadi pilar kemerdekaan bangsa yang tidak ada tandingannya.

Islam Sebagai Hasil Hubungan Sosial

973 506616788781a

Abstraks

Islam sebagai hasil hubungan sosial bukan berarti menjauhkan manusia dari ajaran dasarnya. Ajaran dasar yang dimaksudkan adalah menunjuk pada nilai-nilai teologis maupun Islam dogmatis yang menjadi sebab dari segala sebab. Sedangkan, realitas yang disebabkan oleh satu sebab tersebut terurai menjadi sekian banyak bentuk dan jenis dengan berbagai sifat, kebutuhan dan kepemilikan yang melekat pada kehidupan manusia secara individu maupun kelompok, mulai dari fitrah manusia hingga muncul sebuah gagasan tentang realitas Islam produk sosial. Wujud keragaman dan keberagamaan masyarakat merupakan bentuk kongkrit dari integrasi, interaksi dan internalisasi antara nilai-nilai normatif doktrinal dan historis metodologis. Kedua sisi tersebut saling memberikan inspirasi timbal balik, bahkan saling berpengaruh pada setiap insan dalam merealisasikan wujud kongkrit Islam yang diikutinya secara tepat dan konprehensip.

Kata Kunci: Islam dan Hubungan Sosial

Pemetaan dan Resolusi Konflik (Studi Tentang Korban Lumpur Lapindo Sidoarjo)

Abstrak

Penelitian ini mengkaji peta konflik akibat bencana lumpur Sidoarjo mulai 29 Mei tahun 2006 sampai 29 Mei tahun 2008 antara warga masyarakat lokal dengan PT. Lapindo Brantas

Hasil penelitian menunjukkan konflik karena warga korban menuntut tanggung jawab PT Lapindo mengenai ganti rugi (cash and carry) dan pemukiman kembali (resettlement). Konflik terjadi karena kedua belah pihak bertikai masing-masing memiliki pemahaman dan kepentingan yang berbeda.

Tracer Study Alumni

Untuk seluruh alumni FDIK, dimohon kesediannya untuk mengisi form tracer study online. Survey pelacakan alumni secara online diadakan sebagai bagian dari desain pengembangan kualitas pendidikan di FDIK. Silahkan Klik link di bawah ini untuk mengkuti survey: 

http://goo.gl/hCjzUK