Berita
s5_logo.png
Penandatanganan Perjajian Kerjasama Dengan LPPM IPB
FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) STAKEHOLDER FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
Stadium General Prestasi Mahasiswa Dalam Bela Negara
Pembekalan dan Konsultasi Job Karir Bagi Calon Wisudawan
Sharing Bersama FDK UIN Wali Songo Semarang

Pengabdian Masyarakat Melalui Program Kampus Peduli Desa(PKPD)

Brt dakwah

Program Kampus Peduli Desa (PKPD) adalah program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial bermasyarakat mahasiswa, karena berbentuk pengabdian masyrakat namun non-sks.

PKPD dilaksanakan pada tanggal 10-12 Januari 2016 bertempat di Desa Wisata Jembul kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Desa Wisata Jembul (Dewa Jembul) merupakan desa wisata binaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSA Surabaya bekerjasama dengan IPB dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

Terdapat 19 Mahasiswa mengikuti program PKPD yang terdiri dari 3 program studi yaitu 15 Mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom), 3 Mahasiswa dari Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan 1 Mahasiswa dari prodi Manajemen Dakwah (MD).

Sebelum keberangkatan menuju Dewa Jembul, kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan yang disambut oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSA Surabaya Dr. Rr. Suhartini, M.Si.

Mengawali hari pertama para panitia melakukan silaturahmi dengan perangkat desa Jembul. Usai Silaturahmi kegiatan dilanjutkan dengan Observasi akses menuju air terjun Kabejan. Sore hari setelah observasi sebagian panitia menuju TPQ untuk kegiatan pembinaan TPQ, dan sebagian menyiapkan pelaksaan pemetaan kampung dan survey rumah tangga serta observasi kondisi spiritualitas masyarakat.

Hari kedua, panitia melanjutkan dengan kegiatan kerja bakti dan pembinaan SDN Jembul. Kerja Bakti dilakukan untuk memantapkan akses Jalan menuju air terjun Kebajen. Sedangkan untuk pembinaan SDN Jembul di isi dengan acara fun game, ice breaking dan kelas inspirasi. Di malam hari, kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan kepada ibu-ibu desa Jembul, pembinaan ini dilakukan untuk pemberdayaan ibu-ibu melalui sosialisasi Branding Produk.

Hari ketiga, kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan arah petunjuk jalan serta papan ucapan selamat datang menuju akses air terjun Kabejan. Sedangkan untuk pembinaan SD di akhiri dengan acara dongeng hidup bersih dan sikat gigi bersama dengan tujuan meningkatkan pola hidup bersih yang dimulai sejak dini.

Dengan adanya kegiatan ini bapak Samsul Huda selaku Mudin desa Jembul berharap PKPD akan tetap berlanjut dikemudian hari, dan memberikan berbagai inovasi untuk pemberdayaan baik dari segi sosial, ekonomi dan lingkungan desa wisata (Dewa) Jembul.

 

 

Tracer Study Alumni

Untuk seluruh alumni FDIK, dimohon kesediannya untuk mengisi form tracer study online. Survey pelacakan alumni secara online diadakan sebagai bagian dari desain pengembangan kualitas pendidikan di FDIK. Silahkan Klik link di bawah ini untuk mengkuti survey: 

http://goo.gl/hCjzUK